Wacana Kesehatan Gigi untuk Mendukung Isu Pembangunan Kesehatan

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan tubuh karena apabila muncul masalah dalam gigi dan mulut dapat  berpengaruh kepada anggota tubun yang lain. Menurut World Health Organization (WHO, 2018). Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia perlu diperhatikan karena tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengeluhkan tentang penyakit gigi dan mulut. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, yang menyatakan bahwa masalah kesehatan di Indonesia menujukan kondisi kesehatan gigi dimasyarakat cendurung kurang baik. Proporsi masalah gigi dan mulut sebesar 57,6%. Salah satu penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut yang terjadi dikarenakan penegtahuan yang kurang. Dengan adanya harapan Indonesia bebas karies tahun 2030 Pemerintah menggencarkan agar menjaga kesehatan gigi dan mulut lebih diperhatikan.

Bentuk Upaya mendukung Pembangunan kesehatan adalah dengan berbagi pengetahuan. Sebagai calon dental therapist sudah sepantasnya untuk berbagi pengetahuan atau edukasi. Salah satu bentuk edukasi yang dapat dilakukan adalah penyuluhan. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan Upaya promotive yang dapat digunakan untuk mengubah sikap dan tindakan seseorang agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan yang didapatkan dari penyuluhan dapat mempengaruhi sikap dan tindakan yang dilakukan.

Selain kegiatan promotif, perlu juga dilakukan kegiatan preventif atau pencegahan. Kegiatan preventif yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan gosok gigi yang baik dan benar. Kegiatan preventif lainnya bisa berupa :

1.      Menggosok gigi


Menggosok gigi adalah Upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang paling dasar. Namun mengosok gigi tidak boleh dilakukan denga nasal-aslaan, karena dikhawatirkan sisa makanan menempel pada gigi masih tertinggal, dengan begitu dianjurkan untuk menggosok gigi dengan baik dan benar

 

2.      Fissure Sealant


Fissure sealant adalah suatu tindakan pencegahan karies pada gigi yang secara anatomis mempunyai pit dan fisur yang dalam yang karenanya lebih gampang terserang karies.

 

3.      Topical Aplikasi Fluor

Topikal Application Fluor (TAF) merupakan perawatan gigi pada anak dengan pengulasan zat yang mengandung fluor pada seluruh permukaan enamel gigi anak untuk mencegah terjadinya lubang gigi.


4.      Scalling

Scaling gigi adalah prosedur untuk membersihkan plak dan karang (tartar gigi). Prosedur ini perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi.

 

Selain kegiatan tersebut, hal yang penting untuk dilakukan adalah rutin periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mengontrol kondisi gigi 😊. Jangan lupa jaga kesehatan ya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Popular Items